Rabu, 19 Februari 2020

Tema 6 Subtema 4 Pembelajaran 2 & 3

Bahan Ajar dan Materi Pembelajaran
Tema 6 Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Subtema 4 Bekerja Sama Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan

Hari/Tanggal: Rabu, 19 Februari 2020
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran:
·         Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan gerak tolakan, melayang dan mendarat yang dapat dilakukan dalam aktivitas senam lantai dengan tepat.
·         Dengan mengamati gambar, siswa dapat mempraktikkan gerak tolakan, melayang, dan mendarat dalam aktivitas senam lantai dengan benar.
·         Setelah membaca teks, siswa dapat menyebutkan ungkapan pemberitahuan dengan tepat.
·         Setelah memahami ungkapan pemberitahuan, siswa dapat membuat kalimat ungkapan pemberitahuan dengan tepat.
·         Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat bersyukur dan memiliki pemahaman akan keberadaannya sebagai mahluk Tuhan yang saling membutuhkan satu sama lain dan perlu memiliki sikap saling menghargai, peduli, jujur, santun, dan bertanggung jawab.
Materi Pembelajaran:
·         Mengamati gerakan ayam
·         Menirukan gerakan ayam
·         Membaca teks percakapan
·         Mengamati teks percakapan
·         Menentukan kalimat pemberitahuan atau bukan kalimat pemberitahuan
·         Membuat kalimat pemberitahuan

Ayo Mengamati
Udara terasa sejuk
Beni berkunjung ke rumah Edo
Edo memiliki banyak ayam
Lingkungan sekitar rumah Edo bersih
Keluarga Edo selalu menjaga kebersihan
Mereka memiliki kandang ayam yang besar
Ayam-ayam itu tidak mengganggu tetangga Edo
Beni dan Edo mengamati gerakan ayam
Ada yang berjalan, berlari dan meloncat
Saat meloncat, ayam bertolak, melayang dan mendarat



Ayo Membaca
Beni pulang ke rumah
Ayah mengajaknya bercakap-cakap
Bacalah percakapan berikut.
Ayah      : Dari mana, Beni?
Beni        : Dari rumah Edo, ayah.
                 Edo memelihara banyak ayam di rumahnya
Ayah      : Kita boleh memelihara hewan. Hewan peliharaan tidak boleh mengganggu tetangga. Kita harus menjaga lingkungan bersama-sama
Beni        : Edo memiliki kandang besar. Kandang dibersihkan setiap hari
Ayah      : Hewan adalah makhluk Tuhan. Kita wajib merawatnya. Cucilah tanganmu di meja ada pisang rebus.
Beni        : Terimakasih, ayah
Ayah      :  Jangan lupa cuci tanganmu sesudah makan
Beni        : Baik, ayah


Buatlah lima kalimat tentang Edo.
Gunakan kata-katamu sendiri.
1.      ..........................................................
2.      ..........................................................
3.      ..........................................................
4.      ..........................................................
5.      ..........................................................

Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran:
·         Dengan membaca teks, siswa dapat menyebutkan ungkapan pemberitahuan dengan tepat.
·         Dengan mengamati teks, siswa dapat menuliskan kalimat ungkapan pemberitahuan dengan tepat.
·         Dengan menggunakan benda konkerit, siswa dapat membilang secara urut bilangan 40 sampai 99 dengan tepat.
·         Setelah mengumpulkan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar, siswa dapat mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan yang diberikan ( 41-99) dengan tepat.
·         Melalui diskusi, siswa dapat menuliskan kegiatan terkait aturan yang berlaku di lingkungan rumah dengan tepat.
·         Setelah berdiskusi, siswa dapat mempresentasikan kegiatan berkaitan dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan rumah dengan tepat.
·         Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat memiliki pemahaman akan keberadaannya sebagai mahluk Tuhan yang saling bekerja sama dalam kebaikan dan perlu memiliki sikap saling menghargai, peduli dan bertanggung jawab

Materi Pembelajaran:
·         Membaca teks percakapan
·         Menemukan kalimat pemberitahuan pada teks
·         Menuliskan kalimat pemberitahuan
·         Membilang secara urut
·         Berlatih membilang
·         Mengelompokkan benda sambil membilang
·         Berdiskusi tentang aturan

Sore hari turun hujan disertai angin
Pohon berputar-putar tertiup angin
Pohon di dekat rumah Udin patah
Daun-daun berserakan
Orang-orang bekerja bakti
Mereka membersihkan lingkungan
Udin mengajak Edo bekerja bakti



Bacalah percakapan Udin dan Edo berikut ini
Udin    : Apa yang sedang kamu lakukan, Edo?
Edo     : Aku baru saja menangkap ayam. Hujan sangat deras. Ayamku lepas dari kandang.
              Bulu ayam berserakan di mana-mana. Sekarang semua sudah bersih
Udin    : Betul, Edo. Rumah kita harus bersih. Edo, pohon di dekat rumahku patah.
             Orang-orang sedang bekerja bakti. Aku ingin mengajakmu bekerja bakti.
Edo     : Wah, kebetulan. Tugasku sudah selesai. Rumahku sudah bersih.
              Aku pamit ibuku dahulu.



Ayo Mengamati
Amati kembali percakapan Udin dan Edo
Manakah yang termasuk kalimat pemberitahuan? Sebutkan.
Tuliskan di tempat tersedia.
1.      ..............................................................................
2.      ..............................................................................
3.      ..............................................................................
4.      ..............................................................................

5.      .............................................................................. 



      Udin dan teman-temannya ikut bekerja bakti 
      Mereka menyapu daun yang gugur 
      Ada juga bunga dan kerikil, mereka mengumpulkannya
      Lalu mereka menghitungnya.
      Amatilah gambar berikut ini 
      Hitunglah banyak bunga, kerikil, daun di dalam kotak. 
      Berapa banyak bunga, kerikil, dan daun di dalam kotak?










Tidak ada komentar:

Posting Komentar