Jumat, 14 Februari 2020

Tema 6 Subtema 3 Lingkungan Sekolahku PB 4 & 5

Materi Ajar dan Materi Pembelajara
Tema 6 Lingkungan Bersih,Sehat dan Asri 
Subtema 3 Lingkungan Sekolahku

Hari/Tanggal : Jumat, 14 Februari 2020
Pembelajaran 4 

Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan menyimak penjelasan dan contoh yang diberikan guru siswa mampu menunjukkan gerak tolakan, melayang, dan mendarat kembali pada senam lantai dengan tepat.
2. Dengan kegiatan praktik siswa mampu melakukan gerak tolakan, melayang, dan mendarat kembali pada senam lantai dengan tepat.
3. Dengan memperhatikan contoh dari guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat ungkapan  erintah
4. Melalui bermain peran siswa mampu menggunakan ungkapan perintah dan tanggapannya dengan tepat.
5. Dengan mengamati contoh dan penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri karya seni tiga dimensi dari bahan lunak, mengidentifikasi alat dan bahan yang digunakan dan cara
penggunaannya, serta langkah-langkah membuatnya dengan tepat
6. Melalui kegiatan praktik siswa mampu membuat karya seni tiga dimensi dari bahan tanah liat

Materi Pembelajaran
• Melakukan gerakan melompati rintangan berupa tali karet
• Bermain peran dengan menggunakan ungkapan perintah dan tanggapannya.
• Membuat karya cetak tiga dimensi (lanjutan): membuat teknik cetakan dengan media tanah liat

Lingkungan sekolah Siti bersih, hijau, dan asri. Di pagi hari udaranya terasa sejuk.
Pagi ini Siti dan teman-teman akan berolahraga. Mereka berkumpul di lapangan sekolah.
Mereka sangat gembira dan bersemangat. Hari ini Pak Guru mengajak berolahraga sambil
bermain. Mereka akan melakukan gerakan melompati rintangan.
Rintangan dibuat dari karet gelang yang dironce jadi tali.





Ayo Membaca 







Ayo Berkreasi




Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran:
1. Melalui penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan ungkapan perintah yang terdapat pada teks/gambar dengan tepat.
2. Melalui pembuatan poster, siswa mampu menggunakan ungkapan perintah dengan tepat.
3. Dengan mengikuti penjelasan guru, siswa mampu menentukan berat benda dengan alat ukur tidak baku menggunakan benda-benda konkret dengan benar.
4. Dengan praktik mengukur, siswa mampu menggunakan hasil pengukuran berat benda dengan menggunakan alat ukur tidak baku untuk membandingkan berat dua benda dengan benar.

Materi Pembelajaran
• Melakukan sosiodrama dengan dialog berisi ungkapan petunjuk
• Menyelesaikan soal-soal pengurangan bilangan 21-40 tanpa teknik meminjam
Hari ini Udin dan kawan-kawan akan berkampanye kepada warga sekolah.
Mereka akan melakukan gerakan sekolah bersih dan sehat. Mereka akan membuat poster.
Melalui poster mereka akan menyampaikan pesan. Poster tersebut akan dibawa keliling sekolah.
Harapan mereka, warga sekolah mau melaksanakan pesan yang ada pada poster.
Berikut ini salah satu contoh posternya.


Melalui poster mereka juga meminta warga sekolah melakukan hal lain.
Misalnya mengumpulkan sampah yang masih bisa dimanfaatkan.
Sebelum dikumpulkan, mereka belajar mengukur berat sampah.
Namun mereka memerlukan bantuanmu untuk menentukan beratnya.


Nah, coba bantu mereka ya. Udin mengukur berat dua benda yang dia
kumpulkan. Hasil pengukuran digambarkan seperti berikut



Sesuai hasil pengukuran tersebut, jawablah soalsoal berikut.
1. Benda yang lebih berat adalah ............................
2. Benda yang lebih ringan adalah ..........................
3. Berat botol sebanding dengan ......... bola dan ....... koin.
4. Berat kaleng sebanding dengan.............bola dan ..........koin.           












Tidak ada komentar:

Posting Komentar