Senin, 21 Agustus 2023

 

Selamat pagi tabik pun

MATERI HARI INI👇

Hari /Tanggal               : Senin 21 Agustus 2023

Kelas                            : 1c

Mata Pelajaran             PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)

 


TEMA:

GAYA HIDUP BERKELANJUTAN

CERDIK KELOLA SAMPAH PLASTIK


Tujuan

Dengan mengangkat tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” dan mengacu kepada dimensi Profil Pelajar Pancasila, projek “Belajar Kelola Plastik Fase A” bertujuan mewujudkan peserta didik berkesadaran lingkungan yang mampu berperan aktif dalam menjaga serta mengatasi permasalahan lingkungan, khususnya terkait penggunaan dan pengelolaan plastik secara bijak.

Alur

  • Dalam fase A, fokus pembelajaran tentang isu plastik adalah pada pengenalan dan identifikasi. Pada tahapan “pengertian plastik”, peserta didik belajar mengenal plastik sebagai material buatan manusia dengan karakteristik yang berbeda dari material lain. Peserta didik mengeksplorasi dan membandingkan sifat material plastik dengan material lainnya, sehingga dapat mengidentifikasi mana benda plastik dan mana benda bukan plastik.
  • Peserta didik kemudian belajar mengenal bentuk pengelolaan plastik, yaitu pemilahan benda plastik bekas pakai sehingga tidak tercampur dengan sampah lainnya (khususnya sampah organik). Peserta didik juga belajar cara sederhana untuk mengolah sampah plastik, yaitu dengan cara repurpose (penggunaan kembali dengan tujuan berbeda).
  • Tahapan terakhir dalam alur pembelajaran adalah memberikan kebebasan pada peserta didik untuk berkreasi dari hasil pengelolaan sampah plastik yang telah mereka kumpulkan.

Target

Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu: 

  1. Beriman Bertakwa pada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia, khususnya elemen akhlak terhadap alam, 
  2. Kreatif, khususnya elemen menghasilkan gagasan yang orisinal dan menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal, dan 
  3. Bernalar kritis, khususnya memberikan dan menjawab pertanyaan


Pertemuan 1

Aku dan Lingkungan Tinggalku


Objektif
Peserta didik mengenali dan menjaga alam lingkungan tempat tinggalnya.

Materi
1. Poster alam atau model 3 dimensi yang menyerupai kontur alam
2. Kertas daur ulang untuk menggambar
3. Alat-alat menggambar

Persiapan
  1. Guru mencari tahu ragam alam lingkungan peserta didik (misal: persawahan, bantaran  lasti, perkebunan) 
  2. Guru menyiapkan poster/lembaran gambar atau model 3 dimensi (dari balok atau ranting) yang mewakili alam tempat tinggal para peserta didik dan memajangnya di kelas. 
  3. Guru / peserta didik menyiapkan kertas dari bahan daur ulang seperti bekas kalender dinding atau kertas roti sejumlah siswa untuk digunakan menggambar dan alat-alat untuk menggambar.
  4. Guru menyiapkan 2 bahan yang terbuat dari benda hidup dan benda mati, misalnya: bunga  lastic dan bunga segar dan wadah untuk meletakannya (kegiatan ini akan berhubungan dengan kegiatan di pertemuan 2 yaitu observasi)
Pelaksanaan
  1. Guru mengundang peserta didik melakukan Jelajah galeri/ Gallery Walk yaitu mengamati gambar/ alat peraga yang terpasang di kelas: berbagai latar demografi alam tempat tinggal yang terpasang di kelas(misalnya: perkotaan, pegunungan, dekat hutan, dekat laut, dsb)  





  2. Guru meminta peserta didik untuk berdiri di dekat gambar yang merupakan lingkungan rumahnya dan menceritakan kondisi di lingkungan tersebut 

  3. Guru memberikan pertanyaan seperti “Jika alam itu adalah rumahmu, mana yang kamu pilih, rumah yang bersih atau yang kotor? Mengapa?”
  4. Guru memberikan pertanyaan mengenai peran peserta didik di rumah “Bagaimana dengan tugasmu di rumah?” Tanya jawab tugas piket di rumah
  5. Peserta didik diberikan lembar kegiatan untuk menggambar rumah tempat tinggal nya dan menuliskan hal-hal yang ia lakukan untuk membuat rumah bersih dan nyaman
  6. Kegiatan berikutnya setelah peserta didik selesai menggambar, mewarnai, dan menuliskan kegiatannya. Peserta didik berbagi dan bercerita tentang gambar yang dibuatnya pada pertemuan sebelumnya
  7. Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan terkait rumah dan aksi yang dilakukan untuk membuat rumah kita bersih.
  8. Guru memperkenalkan sifat benda  lastic dengan menunjukkan kedua jenis bunga, yang asli dan yang terbuat dari  lastic.
  9. Peserta didik bergantian mengamati kedua jenis benda tsb. Ijinkan anak-anak menyentuh kedua benda tersebut
  10. Guru mengajak anak-anak berdiskusi dengan pertanyaan pemantik sebagai berikut: Apakah bedanya kedua benda tersebut? Apa yang akan terjadi pada kedua benda tersebut besok? Bagaiman dengan esoknya lagi?
  11. Guru meminta peserta didik membawa satu contoh benda plastk pada pertemuan berikutnya (plastik bekas, sedotan plastik, bekas jajanan)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar