Rabu, 30 Agustus 2023

 

Selamat pagi tabik pun

Selamat pagi tabik pun

MATERI HARI INI👇

Hari /Tanggal               : Rabu 30 Agustus 2023

Kelas                            : 1c

Mata Pelajaran             : PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)

TEMA: GAYA HIDUP BERKELANJUTAN

CERDIK KELOLA SAMPAH PLASTIK


Tujuan

Dengan mengangkat tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” dan mengacu kepada dimensi Profil Pelajar Pancasila, projek “Belajar Kelola Plastik Fase A” bertujuan mewujudkan peserta didik berkesadaran lingkungan yang mampu berperan aktif dalam menjaga serta mengatasi permasalahan lingkungan, khususnya terkait penggunaan dan pengelolaan plastik secara bijak.

Alur

  • Dalam fase A, fokus pembelajaran tentang isu plastik adalah pada pengenalan dan identifikasi. Pada tahapan “pengertian plastik”, peserta didik belajar mengenal plastik sebagai material buatan manusia dengan karakteristik yang berbeda dari material lain. Peserta didik mengeksplorasi dan membandingkan sifat material plastik dengan material lainnya, sehingga dapat mengidentifikasi mana benda plastik dan mana benda bukan plastik.
  • Peserta didik kemudian belajar mengenal bentuk pengelolaan plastik, yaitu pemilahan benda plastik bekas pakai sehingga tidak tercampur dengan sampah lainnya (khususnya sampah organik). Peserta didik juga belajar cara sederhana untuk mengolah sampah plastik, yaitu dengan cara repurpose (penggunaan kembali dengan tujuan berbeda).
  • Tahapan terakhir dalam alur pembelajaran adalah memberikan kebebasan pada peserta didik untuk berkreasi dari hasil pengelolaan sampah plastik yang telah mereka kumpulkan.

Target

Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu: 

  1. Beriman Bertakwa pada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia, khususnya elemen akhlak terhadap alam, 
  2. Kreatif, khususnya elemen menghasilkan gagasan yang orisinal dan menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal, dan 
  3. Bernalar kritis, khususnya memberikan dan menjawab pertanyaan


Pertemuan 3

Konsep 3R sebagai solusi atas 

Dampak Sampah plastik


Objektif
Peserta didik mengeksplorasi dan membandingkan sifat material plastik dengan material lainnya, sehingga dapat mengidentifikasi mana benda plastik dan mana benda bukan plastik.

Materi
1. Wadah/bekas bungkus yang terbuat dari plastik
2. Lembar prediksi siswa
3. Video Ancaman Polusi Plastik atau Slide yang memuat isi video tersebut
4. Lembar pencatatan video


Persiapan
  1. Guru menyiapkan video dari sesi yang sebelumnya
  2. Guru menyiakan bahan bacaan tambahan untuk kerja kelompok anak
  3. Guru menyiapakan lembar pencatatan video jilid 2 dan bahan bacaan
Pelaksanaan
  1. Guru mengulas pembelajaran sebelumnya dengan meminta peserta didik mengidentifikasi bunga asli dan plastik di hari ke 3
  2. Peserta didik menulis perbedannya
  3. mengajak peserta didik membuat hubungan tentang hal-hal yang telah diketahuinya dengan menggunakan analogi: misalkan seseorang menunjukkan tanda-tanda sakit, lalu apa langkah selanjutnya? (mencari obat/ bagaimana solusinya) 
  4. Memperkenalkan konsep 3R: melanjutkan menonton video Ancaman Polusi Plastik , bagian 2:sumber https://youtu.be/EyzUazucAhU 

  5. (a) Guru menunjukkan lembar pencatatan video jilid 2 dan mengajak peserta didik bersama-sama membaca dengan lantang pertanyaan di lembar tersebut
  6. Peserta didik mengerjakan lembar pencatatan video secara mandiri
  7. Penguatan konsep 3R 
  8. Jigsaw Reading: Membaca berkelompok. Guru memberikan materi bacaan kepada peserta didik dan peserta didik bekerja secara berkelompok untuk membaca materi tersebut sebagai bahan tambahan melengkapi osian lembar pencatatan. Sumber: https://kids.grid.id/read/472378574/apa-itu-reduce-reuse-recycle-ini-pengertian-dan-contohnya?page=all 




  9. Peserta didik kembali melengkapi lembar pencatatan videonya.






================================
Rangkuman Kegiatan Pembelajaran
================================

Kesimpulan:
Setelah melaksanakan kegiatan P5 hari ini, peserta didik sudah mengetahui apa itu 3R, menyebutkan contoh-contoh kegiatan 3R dalam kehidupan sehari-hari. 

3R merupakan konsep pengolahan sampah
Reduce : Mengurangi Sampah, contohnya menggunakan kantung belanja sendiri, menggunakan tubler dan tempat makan untuk membawa bekal
Reuse : Menggunakan kembali, contohnya bekas botol minum untuk pot bunga, gelas air mineral untuk kotak pensil dan kardus untuk tempat pensil
Recycle : Mengolah kembali / mendaur ulang, kertas bekas di buat bubur kertas untuk membuat bingkai foto, bekas kemasan makanan untuk membuat tas, dompet dan kulit telur untuk membuat pupuk kompos


Tidak ada komentar:

Posting Komentar