Mata Pela: ; Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila
Metode dan Media ajar
- Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
- Media ajar: Video pembelajarana dan buku cetak
Mengidentifikasi bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah.
Menyimak dan menceritakan kembali cerita dalam gambar
- Peserta didik dapat Mengidentifikasi bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah.
- peserta didik dapat memahami kata dari suatu gambar
- Peserta didik mampu mengenal bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah.
Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
#. Metode dan Media ajar
- Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
- Media ajar: Video pembelajaran, stik es krim/balok kayu
#. Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang mengenal bentuk benda serta mengelompokkan benda sesuai dengan benyuknya. Nah, untuk hari ini kita akan belajar tentang apa itu kerjasama dan menyimak sebuah cerita. Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^
Kerja sama itu seperti ketika kita bermain lego bersama teman. Kita saling membantu menyusun lego menjadi bentuk yang bagus. Atau seperti saat kita membersihkan kelas, kita bersama-sama menyapu dan mengepel.
Kerja sama adalah ketika kita bersama-sama melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan yang sama. Jadi, kalau kita bekerja sama, kita akan saling membantu dan bekerja sebagai tim.
Contoh Kerja Sama:
- Di Sekolah:
- Membantu teman yang kesulitan mengerjakan tugas.
- Bersama-sama membersihkan kelas.
- Bermain bersama di waktu istirahat.
- Di Rumah:
- Membantu ibu memasak.
- Membersihkan kamar bersama-sama.
- Bermain dengan adik atau kakak.
- Di Lingkungan:
- Bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan.
- Membantu tetangga yang membutuhkan.
Mengapa Kerja Sama Itu Penting?
- Lebih Cepat Selesai: Kalau kita kerja sama, pekerjaan jadi lebih cepat selesai.
- Lebih Seru: Bekerja sama itu seru! Kita bisa bermain dan belajar bersama teman.
- Saling Membantu: Ketika ada teman yang kesulitan, kita bisa saling membantu.
- Rukun: Kerja sama membuat kita hidup rukun dan damai.
Rumah adalah tempat kita tinggal. Di dalamnya, kita hidup bersama keluarga Setiap anggota keluarga punya tangung jawab Bersama-sama dengan keluarga menjaga kebersihan rumah Rumah yang bersih membuat kita nyaman di rumah Jika rumah bersih kita akan terhindar dari penyakit.
Jawablah pertanyaan berikut:
- Siapa yang bertanggung jawab memebrsihkan rumah?
- contoh kerjasama apa yang dilakukan pada cerita di atas?
- Apa manfaat dari menjaga kebersihan rumah?
Yuk, sebelum belajar perhatikan video berikut ya anak-anak. Let's check it out!!^^
Apa Saja yang Perlu Disampaikan dalam Menyimak Cerita?
- Judul cerita: Ajarkan anak untuk selalu mengingat judul cerita.
- Tokoh cerita: Siapa saja tokoh dalam cerita? Apa karakteristik masing-masing tokoh?
- Alur cerita: Apa yang terjadi di awal, tengah, dan akhir cerita?
- Pesan moral: Apa yang dapat kita pelajari dari cerita tersebut?
Kesimpulan & Refleksi Pembelajaran
📌 Penutup :
Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini, Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian selalu bertambah dan tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholeh sholehah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar